Mulai Dari Diri : Sebelum memulai pembelajaran pada topik ini yang saya pikirkan tentang pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang dapat digunakan dalam menerapkan scaffolding sesuai dengan ZPD peserta didik
Eksplorasi Konsep : Konsep ini saya pelajari tentang penerapan strategi, metode, model dan teknik dalam pembelajaran merupakan bagian terpenting dalam memberikan scaffolding pada ZPD peserta didik. dengan adanya penerapan tersebut dengan tepat mempermudah guru untuk memberikan bantuan dan bimbingan yang sesuai dengan tahapan-tahapan sesuai ZPD peserta didik. guru sangat membutuhkan pemahaman scaffolding karena sejatinya siswa membutuhkan bimbingan belajar
Ruang Kolaborasi : Dalam ruang kolaborasi kami membahas macam-macam pemikiran dari maisng-masing anggota kelompok terhadap pandangan pada penerapan pendekatan, strategi, metode, dan teknik dalam pembelajaran yang diterapkan dengan scaffolding pada peserta didik, tantangan dalam menghadapi dan tahapan penerapannya. Ruang kolaborasi juga membahas tentang kesiapan saya sebagai guru yang memahami perspektif sosiokulturak karena guru membutuhkan kesiapan peserta didik untuk merancang pembelajaran beragam dan keterbukaan untuk terus belajar dan berkembang
Demonstrasi Kontekstual : Hal yang penting saya pelajari bersama anggota kelompok adalah pemahaman masing-masing anggota kelompok dalam menghadapi tantangan dan juga kesiapan dalam menerapkan pendekatan, strategi, metode dan teknik dalam pembelajaran dengan scaffolding pada ZPD peserta didik yang nantinya akan diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran dan dapat mengembangkan potensi peserta didik dengan maksimal
Elaborasi Pemahaman : Sejauh ini sudah saya pahami tentang topik adalah scaffolding dan ZPD adalah perkembangan kemampuan peserta didik yang mengacu pada rentang antara apa yang dapat dicapai peserta didik secara mandiri dan apa yang dapat dicapai oleh peserta didik dengan bantuan orang lain. sekarang saya sudah memahami bahwa untuk mengatasi perkembangan ZPD peserta didik yang berbeda guru dapat melakukan scaffolding secara bertahap
Koneksi Antar Materi : Pendekatan, strategi, metode dan teknik yang tepat untuk menerapkan ZPD yang berkaitan dengan materi sebelumnya dengan mata kuliah lainnya. yang saya pelajari dari koneksi materi bahwa penerapan scaffolding
Aksi Nyata : Sebagai calon guru, materi ini bermanfaat bagi saya dalam penerapan scaffolding pada ZPD penting dalam pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran. kesiapan nya saat ini dalam skala adalah 7 saya masih harus banyak belajar memahami dan mengoptimalkan perspektif sosiokultural yang beragam dan memahami pendekatan, strategi, metode, dan teknik pada ZPD peserta didik sehingga sesuai dengan tujuan yang diinginkan dan dapat menerapkan scaffolding pada ZPD peserta didik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar