Minggu, 11 Februari 2024

AKSI NYATA-TOPIK 4

 


Mulai Dari Diri

Apa yang anda pikirkan tentang topic ini sebelum memulai proses pembelajaran ?

sebelum memulai proses pembelajaran, menurut saya penting bagi guru untuk memahami topic ini. Namun saya belum sepenuhnya memahami bagaimana penerapan ZPD yang baik dalam kegiatan pembelajaran.

Eksplorasi Konsep

Apa yang anda pelajari dari konsep yang anda pelajari dalam topic ini ?

Pada topic 4, saya mempelajari bagaimana membuat konsep pembelajaran yang melibatkan perspektif sosiokultural dalam menerapkan Zone of Proximal Development (ZPD) dalam pembelajaran. Dalam ZPD diperlukan beberapa sebelum pembelajaran dimulai, yaitu mengidentifikasi dan memahami kondisi siswa untuk memudahkan pembelajaran tentang sejauh mana peserta didik diberi bantuan. ZPD juga dapat digunakan untuk merangsang aktivitas siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran dikelas karena sesuai dengan karakteristik siswa dan dapat meningkatkan kualitas belajar siswa dikelas.

Ruang Kolaborasi

Apa yang anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan anda dalam ruang kolaborasi ?

Pada ruang kolaborasi, secara berkelompok kami berdiskusi dengan pandangan masing-masing mahasiswa mengenai ZPD dalam pembelajaran dan bagaimana kesiapannya mengajar dengan memperhatikan pembelajaran ZPD pada peserta didik. Adapun hasil diskusi kelompok kami yaitu memiliki pendapat yang sama dimana pembelajaran dalam ZPD dapat meningkatkan hasil belajar dan pemahaman peserta didik. Selain itu kelompok kami juga memiliki pendapat yang sama yaitu dalam mempersiapkan pembelajaran pada ZPD perlu memahami karakteristik masing-masing peserta didik. Dengan mengetahui hal tersebut, maka guru akan mengetahui di tahap mana peserta didik berada dan sejauh mana bantuan yang akan diberikan.

Demonstrasi Kontekstual

Apa yang anda pikirkan tentang topic ini sebelum memulai proses pembelajaran ?

Dari hasil presentasi/pemaparan pandangan masing-masing kelompok saya memahami pembelajaran menggunakan ZPD dapat membantu peserta didik maupun guru untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif dan berpihak kepada peserta didik. Dengan memahami ZPD peserta didik, guru akan lebih mudah menentukan sejauh mana proses scaffolding yang harus diberikan. Dari diskusi antar kelompok ini, masing-masing kelompok menyadari bahwa pembelajaran ZPD memiliki pengaruh dalam proses pembelajaran

Elaborasi Pemahaman

Pemahaman yang sudah saya dapatkan

Pada topic ini saya memahami pembelajaran dalam zone of proximal development (ZPD) dan proses scaffolding yang berpengaruh terhadap proses pembelajaran di kelas

Perubahan pemahaman setelah mempelajari topic 4

Dari mempelajari ZPD, pemahaman baru yang saya dapatkan adalah adanya istilah scaffolding dalam pembelajaran. Scaffolding ini merupakan pemberian bantuan kepada peserta didik selama tahap awal pembelajaran dan mengurangi bantuan tersebut ketika ia mampu mengerjakan sendiri. Hal ini bertujuan memudahkan guru untuk menyamaratakan dengan pertimbangan kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran yang berbasis dengan kondisi para peserta didik

Yang ini dipelajari lebih lanjut

Di topic 4 telah dipelajari mengenai zone of proximal development (ZPD) selanjutnya saya ingin mempelajari lebih lanjut mengenai ZPD dan scaffolding apakah bisa diterapkan di semua jenjang pendidikan dan bagaimana cara kita mengatasi situasi jika terjadi kecemburuan dan social dalam proses pembelajaran

Koneksi Antar Materi

Praktik pengalaman lapangan

Dengan pembelajaran dalam ZPD ini dapat diterapkan langsung dalam PPL di sekolah. Dimana guru dapat mengetahui sejauh mana peserta didik perlu diberikan bantuan atau pemberian scaffolding. Dengan mempelajari ZPD maka saat praktiknya kita memahami seberapa jauh pengaruhnya terhadap peningkatan pemahaman peserta didik

Pemahaman peserta didik dan pembelajarannya

Dengan pendekatan ZPD guru harus memahami dan mengetahui di tingkat mana ZPD siswa agar dapat memberikan bantuan pembelajaran. Jika pembelajaran tersbeut diberikan tidak sesuai dengan ZPD siswa, maka siswa tersebut tidak akan mendapatkan manfaat dari proses belajar yang terbaik.

Filosofi pendidikan Indonesia

Scaffolding dalam ZPD sejalan dengan teori Ki Hadjar Dewantara yang mengatakan bahwa pendidik menuntun peserta didik untuk mendapatkan pemahaman yang bermakna dan kebahagiaan dalam hidupnya. Dengan mempelajari ZPD ini maka akan mewujudkan guru yang menuntun dan mewujudkan pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik.

Pembelajaran berdiferensiasi

Dalam model ZPD ini peran guru mampu menumbuhkan keaktifan dalam menanggapi proses pembelajaran yang berlangsung. Agar peserta didik dapat aktif maka diperlukan pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat bantuan yang diberikan. Indentifikasi ZPD ini membantu guru untuk mengelompokkan peserta didik dan dapat membuat pembelajaran berdiferensiasi.

Aksi Nyata

Manfaat bagi saya mempelajari topic ini untuk kesiapan saya menjadi guru adalah saya sebagai guru harus siap dan mampu menerapkan pandangan pembelajaran pada ZPD yang mempengaruhi proses pendidikan serta pembelajaran yang melibatkan perspektif sosiokultural. Kesiapan saya dalam melaksanakan pembelajaran ZPD dari 1-10 adalah 7, karena saya belum memahami secara keseluruhan mengenai strategi dan metode yang tepat digunakan dalam pembelajaran yang tentunya menerapkan ZPD. Persiapan saya lebih lanjut adalah menambah pengetahuan saya terkait pembelajaran ZPD yang melibatkan perspektif sosiokultural serta melaksanakan kegiatan kuliah dan melaksanakan tugas secara optimal.

 

 

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Topik 5 Aksi Nyata Perspektif Sosio-Kultural Dalam Pendidikan Indonesia

Mulai Dari Diri : Sebelum memulai pembelajaran pada topik ini yang saya pikirkan tentang pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelaja...