Mulai Dari Diri
Apa yang anda pikirkan tentang topic ini sebelum
memulai proses pembelajaran ?
sebelum
memulai proses pembelajaran, menurut saya penting bagi guru untuk memahami topic
ini. Namun saya belum sepenuhnya memahami bagaimana penerapan ZPD yang baik
dalam kegiatan pembelajaran.
Eksplorasi Konsep
Apa yang anda pelajari dari konsep yang anda
pelajari dalam topic ini ?
Pada
topic 4, saya mempelajari bagaimana membuat konsep pembelajaran yang melibatkan
perspektif sosiokultural dalam menerapkan Zone of Proximal Development (ZPD)
dalam pembelajaran. Dalam ZPD diperlukan beberapa sebelum pembelajaran dimulai,
yaitu mengidentifikasi dan memahami kondisi siswa untuk memudahkan pembelajaran
tentang sejauh mana peserta didik diberi bantuan. ZPD juga dapat digunakan
untuk merangsang aktivitas siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran
dikelas karena sesuai dengan karakteristik siswa dan dapat meningkatkan
kualitas belajar siswa dikelas.
Ruang Kolaborasi
Apa yang anda pelajari lebih lanjut bersama dengan
rekan-rekan anda dalam ruang kolaborasi ?
Pada ruang kolaborasi, secara berkelompok kami berdiskusi dengan pandangan masing-masing mahasiswa mengenai ZPD dalam pembelajaran dan bagaimana kesiapannya mengajar dengan memperhatikan pembelajaran ZPD pada peserta didik. Adapun hasil diskusi kelompok kami yaitu memiliki pendapat yang sama dimana pembelajaran dalam ZPD dapat meningkatkan hasil belajar dan pemahaman peserta didik. Selain itu kelompok kami juga memiliki pendapat yang sama yaitu dalam mempersiapkan pembelajaran pada ZPD perlu memahami karakteristik masing-masing peserta didik. Dengan mengetahui hal tersebut, maka guru akan mengetahui di tahap mana peserta didik berada dan sejauh mana bantuan yang akan diberikan.
Demonstrasi Kontekstual
Apa yang anda pikirkan tentang topic ini sebelum
memulai proses pembelajaran ?
Dari
hasil presentasi/pemaparan pandangan masing-masing kelompok saya memahami
pembelajaran menggunakan ZPD dapat membantu peserta didik maupun guru untuk
mewujudkan pembelajaran yang efektif dan berpihak kepada peserta didik. Dengan memahami
ZPD peserta didik, guru akan lebih mudah menentukan sejauh mana proses scaffolding
yang harus diberikan. Dari diskusi antar kelompok ini, masing-masing kelompok
menyadari bahwa pembelajaran ZPD memiliki pengaruh dalam proses pembelajaran
Elaborasi Pemahaman
Pemahaman yang sudah saya dapatkan
Pada
topic ini saya memahami pembelajaran dalam zone of proximal development (ZPD)
dan proses scaffolding yang berpengaruh terhadap proses pembelajaran di kelas
Perubahan pemahaman setelah mempelajari topic 4
Dari
mempelajari ZPD, pemahaman baru yang saya dapatkan adalah adanya istilah
scaffolding dalam pembelajaran. Scaffolding ini merupakan pemberian bantuan
kepada peserta didik selama tahap awal pembelajaran dan mengurangi bantuan
tersebut ketika ia mampu mengerjakan sendiri. Hal ini bertujuan memudahkan guru
untuk menyamaratakan dengan pertimbangan kemampuan peserta didik dalam proses
pembelajaran yang berbasis dengan kondisi para peserta didik
Yang ini dipelajari lebih lanjut
Di topic 4 telah dipelajari mengenai zone of proximal development (ZPD) selanjutnya saya ingin mempelajari lebih lanjut mengenai ZPD dan scaffolding apakah bisa diterapkan di semua jenjang pendidikan dan bagaimana cara kita mengatasi situasi jika terjadi kecemburuan dan social dalam proses pembelajaran
Koneksi Antar Materi
Praktik pengalaman lapangan
Dengan
pembelajaran dalam ZPD ini dapat diterapkan langsung dalam PPL di sekolah. Dimana
guru dapat mengetahui sejauh mana peserta didik perlu diberikan bantuan atau
pemberian scaffolding. Dengan mempelajari ZPD maka saat praktiknya kita
memahami seberapa jauh pengaruhnya terhadap peningkatan pemahaman peserta didik
Pemahaman peserta didik dan pembelajarannya
Dengan
pendekatan ZPD guru harus memahami dan mengetahui di tingkat mana ZPD siswa agar
dapat memberikan bantuan pembelajaran. Jika pembelajaran tersbeut diberikan
tidak sesuai dengan ZPD siswa, maka siswa tersebut tidak akan mendapatkan
manfaat dari proses belajar yang terbaik.
Filosofi pendidikan Indonesia
Scaffolding
dalam ZPD sejalan dengan teori Ki Hadjar Dewantara yang mengatakan bahwa
pendidik menuntun peserta didik untuk mendapatkan pemahaman yang bermakna dan
kebahagiaan dalam hidupnya. Dengan mempelajari ZPD ini maka akan mewujudkan
guru yang menuntun dan mewujudkan pembelajaran yang berpihak kepada peserta
didik.
Pembelajaran berdiferensiasi
Dalam
model ZPD ini peran guru mampu menumbuhkan keaktifan dalam menanggapi proses
pembelajaran yang berlangsung. Agar peserta didik dapat aktif maka diperlukan
pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat bantuan yang diberikan. Indentifikasi
ZPD ini membantu guru untuk mengelompokkan peserta didik dan dapat membuat
pembelajaran berdiferensiasi.
Aksi Nyata
Manfaat
bagi saya mempelajari topic ini untuk kesiapan saya menjadi guru adalah saya
sebagai guru harus siap dan mampu menerapkan pandangan pembelajaran pada ZPD
yang mempengaruhi proses pendidikan serta pembelajaran yang melibatkan
perspektif sosiokultural. Kesiapan saya dalam melaksanakan pembelajaran ZPD
dari 1-10 adalah 7, karena saya belum memahami secara keseluruhan mengenai
strategi dan metode yang tepat
digunakan dalam pembelajaran yang tentunya menerapkan ZPD. Persiapan saya lebih
lanjut adalah menambah pengetahuan saya terkait pembelajaran ZPD yang
melibatkan perspektif sosiokultural serta melaksanakan kegiatan kuliah dan
melaksanakan tugas secara optimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar